Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Masjid tercanggih dan terindah di dunia – Secara umum, masjid adalah salah satu tempat suci di dunia. Bangunan dengan sebutan ‘rumah tuhan’ ini merupakan tempat ibadah para pemeluk agama islam. Tiap masjid tentunya memiliki sejarah dan perkembangannya masing-masing. Sejak masjid pertama didunia pada masa Rasulullah SAW, sampai masjid di masa sekarang ini.
Seperti yang diketahui seluruh umat muslim, Masjid Qubamerupakan masjid pertama di dunia yang dibangun oleh nabi Muhammad SAW. Masjid ini terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Sejak pertama kali didirikan sampai sekarang, masjid ini tetap berfungsi sebagai rumah ibadah dan terus berkembang mulai dari infrastrukturnya sampai kecanggihannya.
Subhanallah, masjid pertama di dunia yang dibangun sejak 10 abad yang lalu pun masih bisa dirasakan sampai saat ini dan terus berkembang mengikuti arus perkembangan zaman. Ditambah dengan kecanggihan teknologi saat ini membuat masjid Quba serta masjid diseluruh dunia lebih modern, lebih sesuai, serta lebih melekat dengan manusia zaman sekarang.
Masjid Quba merupakan salah satu simbol kebesaran Allah SWT. Masjid tidak akan tertinggal oleh zaman. Se-modern apapun zaman dan selama apa pun waktu berjalan, masjid adalah tempat yang akan tetap berdiri dan terisi serta dicintai oleh kaum muslim yang senantiasa menegakan kewajiban agama islam.
Hal ini membuat saya tertarik untuk mengumpulkan informasi dan membagikannya untuk sobat tblogers semua tentang beberapa masjid yang kini memiliki teknologi dan kemegahan yang luar biasa. 
Berikut ini beberapa masjid terindah, terbesar dan tercanggih di dunia.
1. Masjid Haram

Masjidil haram


Siapa yang tak kenal dengan masjid satu ini. Masjid haram berlokasi di mekkah dan merupakan kiblat shalat di seluruh dunia. Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata rohani/destinasi umat muslim yang terintegrasi dalam kegiatan ibadah haji. Mengingat Jemaah haji yang berjumlah jutaan orang dari seluruh dunia, tak heran bila Masjid Haram dibangun dengan kemegahan dan kecanggihan sebagaimana mestinya.
Masjid ini berukuran hampir 400.000 meter per segi. Sangat cukup untuk menampung kurang lebih 2 juta jemaah haji setiap tahun. Sampai sekarang, masih banyak proyek pembangunan gedung dan arsitektur lain yang sedang berjalan demi semakin lancarnya proses ibadah terutama ibadah haji di masjid haram.
Masjid ini pun dilengkapi dengan kecanggihan yang sangat luar biasa. Pemanfaatan teknologi canggih digunakan untuk memantau pelaksanaan haji, dan memudahkan proses pembersihan masjid yang luar biasa luasnya.
Untuk teknologi kebersihannya sendiri, cukup 20 menit bagi petugas untuk membersihkan masjid dengan luas hampir 40 hektar ini. Artinya, hanya 13 detik tiap meter persegi. Hal ini diungkapkan oleh pejabat dinas kebersihan masjidil haram.
Haram captor – mesin penghisap kotoran canggih masjidil haram

Proses pembersihan menggunakan 32.000 liter air secara keseluruhan serta teknologi penghisap sampah yang bergerak cepat dan daya hisap kuat. Mesin penghisap ini bernama Haram Captor. Proses kebersihan biasanya dilakukan antara waktu maghrib dan isya. Berdasarkan laporan, tiap dilakukannya proses kebersihan, petugas dapat mengumpulkan sampah sebanyak hampir 100 ton. Wow!
sumber: https://assets.kompasiana.com/statics/crawl/555ffb6d0423bde97c8b4571.jpeg?t=o&v=700

2. Masjid Nabawi

Halaman masjid nabawi


Masih di negara arab saudi, masjid Nabawi berlokasi di kota madinah. Dari kisah yang sudah dikenal oleh umat muslim, masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh nabi Muhammad SAW ketika berhijrah. Masjid ini pun menjadi tempat dimakamkannya Rasulullah beserta kedua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.
Saat awal dibangun, masjid Nabawi memiliki luas 50 meter persegi dengan tinggi 4 meter. Masjid ini dibuat dengan batu bata, tanah, daun kurma, dan batang kurma. Namun seiring perkembangan zaman sejak 10 abad yang lalu hingga sekarang, masjid ini sudah mengalami banyak perombakan besar.
Kini, masjid Nabawi menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dengan luas 80.000 meter persegi dan dapat menampung 500.000 jamaah. Masjid ini merupakan tempat yang mendapatkan aliran listrik pertama kali di antara seluruh wilayah jazirah arab.
Salah satu kecanggihan masjid nabawi adalah kubah yang dapat bergeser. Masjid nabawi memang memiliki banyak kubah besar nan indah yang ternyata terdapat teknologi canggih didalamnya. Setiap malam atau ba’dah isya, puluhan kubah akan bergeser otomatis dan para jamaah akan diperlihatkan oleh langit dengan jutaan bintang. Atap masjid yang semula tertutup kini terbuka lebar efek kubah yang bergeser.
Masjid ini juga memiliki teknologi pendeteksi plat kendaraan yang bisa berfungsi sampai radius 10 km dan terdapat 500 kamera cctv didalamnya. Semua terkontrol di satu ruangan yang dikendalikan oleh petugas. Selain mengendalikan cctv, petugas ini juga bisa mengontrol puluhan Air Conditioner (AC) dan pengeras suara/speaker masjid.
Payung masjid nabawi

Kecanggihan lainnya terdapat di payung masjid nabawi. Seperti yang diketahui, masjid nabawi memiliki banyak payung yang sangat indah. Payung ini bisa terbuka dan tertutup secara otomatis. Di sekitar payung terdapat pita berwarna biru yang konon terbuat dari material khusus yang dapat menurunkan suhu sampai 10 derajat celcius. Subhanallah…

3. Masjid Agung Isfahan

Masjid agung isfahan


Masjid Agung Isfahan terletak di Provinsi Isfahan, Iran. Masjid ini mengalami renovasi, rekonstruksi, dan perkembangan teknologi yang dilakukan secara terus menerus sejak 700s masehi sampai saat ini. Masjid ini bisa disebut sebagai masjid yang menjadi salah satu simbol kecanggihan teknologi modern dalam bidang arsitektur.
Masjid tertua di iran ini dibangun dengan dominasi beton yang menjorok keluar. Masjid ini memiliki suatu ruang terbuka yang berkubah. Ada ruang bawah tanah di masjid yang juga menjadi tempat beribadah/shalat. Biasanya orang – orang melaksanakan shalat di ruang bawah tanah bila terjadi musim panas yang sangat terik dan juga musim salju yang tinggi saljunya bisa mencapai 15 cm.
Halaman depan masjid agung isfahan

Terdapat lubang dibagian atas menara yang dapat meneruskan angin dari luar ke bagian dalam sehingga bagian dalam masjid tetap terasa sejuk
4. Masjid Kristal (The Crystal Mosque)
Wah, dari nama masjid ini, kita sudah bisa membayangkan bagaimana dominasi bentuknya, ya kan?
Sebagai salah satu tempat wisata religi, Malaysia memiliki lokasi yang sangat menarik perhatian para muslim traveler.
Masjid kristal

Tepatnya di Kota Kuala Trengganu, terdapat sebuah masjid yang sangat indah dan megah. Masjid ini diberi nama The Crystal Mosque atau Masjid Kristal. Masjid ini dijuluki masjid terpintar di Malaysia dan juga masjid terindah se-Asia. Sejak awal dibangun sampai diresmikan pada tahun 2008, pembangunan masjid ini menghabiskan sekitar 315,4 Milyar Ringgit atau lebih dari 1 Triliun Rupiah.
Dalam aspek infrastruktur, bisa sobat lihat sendiri bagaimana kemegahan dan keindahan masjid ini. Persis seperti batu kristal raksasa yang suci. Masjid ini dibangun dengan bahan kristal, kaca, dan baja. Masjid ini pun memiliki kecanggihan teknologi, seperti alqur’an elektronik, jaringan internet, sekaligus infrastruktur yang terintegrasi dengan IT.
The crystal mosque saat malam hari

Tak heran masjid ini kerap kali disebut sebagai masjid terindah dan terpintar se-Malaysia bahkan se-Asia.

5. Masjid Syeikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Halaman depan masjid


Masjid Syeikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum berlokasi di kota Dubai, Arab Saudi. Masjid ini dilengkapi QR Code yang bisa menampilkan segala informasi seputar masjid. Selain untuk menampilkan informasi, dengan adanya QR Code ini para Jemaah dan pengunjung masjid bisa juga memberi kritik dan saran secara digital serta mengakses kegiatan dan khutbah yang pernah dilakukan di masjid ini. Masjid ini juga menyediakan call center secara online
Teknologi canggih ini dirancang oleh pemegang kewenangan di dubai. Latar belakangnya adalah layanan elektronik yang sangat mudah diakses oleh siapa saja.

Detail bagian dalam masjid

Keindahan bangunanya pun tak kalah dengan kecanggihannya. Masjid ini memiliki kubah yang sangat besar dan indah bercorak geometri dan floral. Kemegahannya membuat masjid ini disebut sebagai masjid terbesar di Dubai.

Itulah beberapa masjid terindah, termegah, dan tercanggih didunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua. Marilah kita senantiasa tetap menjalankan kewajiban umat islam. Cintailah dan ramaikanlah rumah allah. Insha Allah, kitapun akan mendapatkan keselamatan, ketenangan, serta keheningan dunia dan akhirat. Aamiin..
Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, kepada Allah SWT. Saya mohon ampun.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *