Sumber gambar: Pinterest.com
Keterangan: Obito Uchiha dan Kakashi Hatake memakai seragam tentara
Istana Review – Militer adalah angkatan bersenjata yang resmi dimiliki oleh negara berdaulat. Tentara dan persenjataan adalah alat utama militer yang pasti dimiliki oleh negara meski negara tersebut masih terbelakang.
Dari ratusan negara berdaulat, ada puluhan negara yang beruntung bisa memiliki Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Beberapa negara tidak memiliki Angkatan Laut karena letak geografis mereka dikelilingi oleh negara-negara lain.
Afghanistan, Sudan Selatan, Makedonia, Kyrgistan, Laos, Kosovo, Uzbekistan, Kazakhtan, Mongolia, Republik Afrika Selatan adalah negara-negara yang tidak mempunyai Angkatan Laut karena mereka adalah negara-negara terkurung daratan.
Informasi tentang militer seperti daftar negara terkuat di dunia, negara yang sedang perang, berita militer terkini, informasi dunia militer, atau teknologi perang selalu mengundang rasa penasaran para pembaca.
Berikut ini Istana Review akan mengulas beberapa situs dan blog yang membahas militer.
1. TNI.mil.id
Ini adalah website resmi yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia. Situs TNI menjadi referensi bagi orang-orang yang ingin mengetahui informasi tentang TNI, militer Indonesia, panglima TNI, pendaftaran TNI, struktur TNI, dan rekrutmen TNI.
Keterangan: Halaman beranda website resmi TNI
Menurut Whois.net, situs ini dibuat  pada 26 Juni 2002 dan termasuk situs yang dikunjungi oleh banyak orang.
TNIAD.mil.id, TNIAL.mil.id, Kopassus.mil.id, dan TNI-AU.mil.id adalah empat website resmi lainnya yang dimiliki oleh TNI.
2. Global Fire Power
Globalfirepower.com dibuat pada 28 Juni 2005 menurut Whois.net, adalah situs militer yang sering menjadi rujukan banyak orang untuk mengetahui negara mana saja yang terkuat dan terlemah.
Menurut situs ini, militer Indonesia pada 2020 adalah terkuat ke-16 di dunia, ke-9 di Asia dan terkuat di Asia Tenggara.
Keterangan: Halaman beranda Global Fire Power
Global Fire Power memberi peringkat terhadap 138 negara berdasarkan data yang selalu diperbarui. Data tersebut berupa jumlah penduduk, personel aktif dan cadangan, geografi, keuangan, dan tentunya, sumberdaya alam.
3. Hobby Militer
Keterangan: Halaman beranda Hobby Militer
Website militer ini dibangun oleh Hanung Jati Purbakusuma pada Maret 2012 dengan domain hobbymiliter.com. Segala hal yang berkaitan dengan militer diterbitkan di situs ini termasuk konflik berdarah di Libya dan Suriah.
Keterangan: Artikel pertama di Hobby Militer
Artikel pertama di Hobby Militer adalah artikel berjudul “Sales Rafale untuk UEA: Presiden Perancis” yang terbit pada 19 Januari 2013 dan dibaca hingga lebih dari 980 kali.
Keterangan: Serangan Israel ke wilayah Suriah mustahil diberitakan oleh semua media pendukung teroris di Suriah
Dengan tujuh penulis, Hobby Militer termasuk blog yang update terhadap peristiwa yang terjadi dan memberitakan konflik militer yang belum tentu diberitakan oleh sejumlah media besar.
4. Indo Militer
Indo Militer adalah website militer selanjutnya yang menarik bagi banyak orang. Dengan motto “Support Our Troops”, Indomiliter.com membahas militer Indonesia termasuk persenjataan dan teknologi militer yang sedang dikembangkan Indonesia.
Keterangan: Halaman beranda Indo Militer
Tidak hanya menyajikan informasi terkait persenjataan dan kendaraan militer, Indo Militer juga membedah buku-buku bertema militer. Buku-buku militer yang dikupas Indo Militer bisa menambah semangat membaca bagi kita.
5. Airspace Review
Dengan domain Airspace-review.com, situs ini memberikan informasi tentang militer, sejarah, kepolisian, dan dunia penerbangan. Website ini lebih terkenal dengan nama majalah Angkasa Review di mesin pencarian.
Keterangan: Halaman beranda Airspace Review
Dibangun oleh Roni Sontani, Airspace Review termasuk website militer yang disukai dan dikunjungi oleh orang-orang. Website ini memiliki puluhan kategori seperti Academy, Airline, Air Defence, dan Air Force.
6. Garuda Militer
Keterangan: Halaman beranda Garudamiliter.com
Garudamiliter.com dibuat pada 27 November 2015 adalah salah satu website berita militer yang dibahas Istana Review selanjutnya. Selain memberitakan kejadian yang berkaitan dengan militer, alutsista juga dibahas di Garuda Militer.
Nama situs ini sama dengan blog Garudamiliter.blogspot.com sehingga sebagian pengunjung internet hampir tidak bisa membedaan keduanya.

7. Jakarta Greater
Menurut Whois.net, Jakartagreater.com dibuat pada 9 April 2011. Sejak itu, situs ini ikut meramaikan pemberitaan militer di internet.
Keterangan: Halaman beranda Jakarta Greater
Forum berita militer adalah slogan website ini yang ramai pengunjung untuk berdebat. Karena Jakarta Greater memakai platform WordPress, kamu harus masuk ke akun WordPress kamu jika ingin memberikan komentar.
8. Militer Meter
Sejak didaftarkan pada 20 September 2020, militermeter.com menunjukkan dirinya sebagai salah satu blog berita yang netral terhadap konflik yang sedang terjadi.
Keterangan: Halaman beranda Militer Meter
Militer Meter juga memberitakan perkembangan alutsista dan TNI demi menambahkan cinta tanah air warga Indonesia terhadap negara mereka.
9. Artileri
Blog Artileri dibangun oleh Efran Syah pada 31 Desember 2011. Sejak itu, Artileri memberikan informasi untuk kamu tentang persenjataan, sejarah, peperangan, dan teknologi militer.
Keterangan: Halaman beranda blog Artileri
Domain Artileri.org aktif sejak 10 Agustus 2012 dan Artileri adalah sebuah situs militer yang membahas kapal induk Thailand dengan tulisan menarik juga.
Salah satu kelebihan blog ini adalah tulisannya yang mudah dimengerti dan netral tanpa memihak pada siapapun.
10. Militer.id
Militer.id adalah website militer yang membangggakan segala hal yang berkaitan dengan militer Indonesia termasuk TNI dan alutsista. Tentu, tujuan situs berita militer ini adalah menambah patriotisme di kalangan penduduk Indonesia.
Keterangan: Halaman beranda Militer.id
Tidak sekadar alutsista dan informasi pertahanan Indonesia, Militer.id juga membahas sejarah militer Indonesia seperti sejarah Persit Kartika Chandra Kirana dan Kopaska.
11. Militer.or.id
Keterangan: Halaman beranda Militer.or.id
Dikelola oleh Rendy Raditya, Website ini menjadi situs militer Indonesia yang direkomendasikan untuk kamu. Dengan platform WordPress, website ini memiliki tampilan terang dan gelap yang disukai para pembaca setia.
12. Jejak Tapak
Sejarah perang, teknologi militer, kendaraan perang dan konflik internasional dibahas di blog Jejaktapak.com. Sejak 4 Juni 2014, Jejak Tepak hadir di internet dan ikut mewarnai tulisan tentang militer.
Keterangan: Halaman beranda Jejak Tapak
Jejak Tapak terkenal dengan tulisannya tentang kapal induk Thailand bernama Chakri Naruebet. Walau ribuan tulisan lainnya di situs ini menarik untuk dibaca.
13. Radar Militer
Keterangan: Halaman beranda Radar Militer
Blog Radar Militer aktif memberitakan militer khususnya militer Indonesia dengan menyaring berita militer dari berbagai media. Walau bagaimana pun, Radar Militer juga termasuk blog netral pada konflik yang terjadi.
14. Military Times
Militarytimes.com adalah media online yang menjadi bagian dari Sightline Media Group yang berbasis di Northern Virginia. Amerika Serikat.
Keterangan: Halaman beranda Military Times
Seperti namanya, website militer ini memberikan informasi seputar perkembangan militer khususnya kebijakan militer AS di luar negeri. Misalnya serangan AS terhadap Taliban di Afghanistan.
15. Garudamiliter.blogspot.com
Blog militer lainnya adalah blog yang bernama Garuda Militer juga. Dengan memakai platform Blogspot, blog ini sudah hadir sejak 2012.
Keterangan: Blog Garuda Militer versi dekstop
Walau masih memakai template dasar milik Blogspot, blog Garuda Militer masih aktif menerbitkan artikel terbaru tentang militer Indonesia.
Keterangan: Blog Garuda Militer versi mobile
Kualitas konten yang disajikan menjadi bukti khas bahwa blog Garuda Militer disukai banyak orang. Peringkat Alexa blog ini juga dibawah 900 ribu.
16. Military
Keterangan: Halaman beranda Military
Military.com adalah website militer dari AS yang dibuat untuk kebutuhan anggota militar, veteran, dan keluarga mereka. Ini karena Military dibangun pada 1999 oleh seorang veteran yang menginginkan agar semua ora bisa mengakses informasi kemiliteran dengan mudah.
17. Defence Blog
Keterangan: Halaman beranda Defence Blog
Defence-blog.com adalah website berita militer yang dibangun sejak 2014. Situs ini adalah penyedia informasi militer dan teknologi federal. Defence Blog begitu populer di antara beberapa website militer lainnya.
Website ini mirip dengan Defence-blog.blogspot.com dan tentu orang-orang bisa membedakan mereka.
18. Literacy Militer
Literacymiliter.com adalah website berita militer Indonesia yang aktif sejak 10 Januari 2020. Dibangun oleh Mayor Inf. Acuk Andrianto, S.E, Literacy Militer bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi terpercaya tentang TNI.
Keterangan: Halaman beranda Literacymiliter.com per Kamis, 17 Juni 2020
Ya kurangnya informasi yang diterima masyarakat membuat sebagian mereka tidak terlalu mempercayai kemampuan dan kualitas TNI.
Website Literacy Militer memiliki beberapa menu utama yaitu Tips/Trick, Alutsista, Berita, Kolom, dan Pojok Literasi juga Al-Qur’an & Terjemahan.
Pengunjung situs militer ini dibolehkan untuk mengirim artikel berkualitas seperti essay tentang kemiliteran. Literacy Militer termasuk website bagus yang direkomendasikan oleh Istana Review.
Sesungguhnya masih ada belasan atau puluhan situs dan blog militer. Namun Istana Review hanya membahas belasan majalah militer online untuk kamu.
Ingat, informasi militer yang kamu peroleh hanya menambah wawasan bukan untuk kesombongan atau menyebarkan kebencian.
Baca juga:

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *