DP mobil

Membeli mobil secara cash memang bisa membebaskan Anda dari bunga cicilan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk melakukannya. Alhasil, kredit pun menjadi solusinya karena konsumen hanya perlu menyiapkan DP mobil.

Namun, perlu diingat bahwa kredit kendaraan merupakan keputusan cukup besar dalam keuangan. Oleh sebab itu, sebaiknya cari strategi yang tepat sebelum setiap bulannya Anda harus membayar cicilan dan bunganya. Simak ulasan di bawah ini agar kredit mobil benar-benar sesuai kebutuhan.

6 Strategi Kredit Mobil Incaran yang Tepat

Kredit memang bisa menjadi solusi bagi yang ingin memiliki mobil sekaligus membutuhkan dana untuk kebutuhan lain. Jangan sembarangan memutuskan kredit mobil jika Anda belum melakukan beberapa strategi di bawah ini.

1. Menyiapkan DP dan Biaya Lainnya

Beberapa waktu lalu, pemerintah menentapkan nominal DP mobil yaitu sebesar 30% dari total harga. Sebaiknya, pikirkan secara matang agar bisa membayar uang muka di atas batas minimum yang ditetapkan tersebut.

Hal ini akan berdampak pada cicilan yang lebih mudah dan cepat lunas sehingga tidak lagi membebani. Dengan sedikit bersabar menabung DP, nantinya arus keuangan tidak terganggu lantaran besarnya cicilan tersebut.

2. Menentukan Jenis Mobil yang Tepat

Perlu diingat bahwa mobil untuk yang single memang memiliki perbedaan mendasar dibanding mobil keluarga. Pilihlah mobil yang memang sesuai dengan keperluan dan kondisi finansial saat ini. Hindari memilih kendaraan karena gengsi atau sekedar gaya-gayaan saja.

Jika memaksakan diri, nantinya Anda bisa keteteran dalam menangani kebutuhan lainnya yang tidak kalah penting.

3. Melakukan Survei Harga Mobil

Jika sudah menemukan tipe dan merek mobil yang tepat, jangan ragu melakukan survei terlebih dahulu. Nantinya Anda jadi tahu harga pasaran yang ditawarkan untuk mobil sejenis. Jangan malas mendatangi dealer-dealer mobil terdekat di kota Anda.

Survei seperti ini bisa dilakukan melalui situs resmi dealer maupun perusahaan multifinance yang bertindak sebagai lembaga pembiayaan.

4. Memilih Sumber Pembiayaan yang Kredibel

Umumnya, masyarakat Indonesia membayar kredit kendaraan melalui bank dan perusahaan pembiayaan. Usahakan memilih sumber pembiayaan yang tepat dan sesuai dengan profil risiko keuangan.

Jika memilih perusahaan multifinance, pilihlah lembaga yang memiliki pelayanan berkualitas dan memuaskan. Anda bisa mengajukan kredit kendaraan melalui produk digital Astra, yaitu SEVA. Platform tersebut menyediakan berbagai fitur menarik dan mudah digunakan.

Salah satunya adalah fitur instant approval yang memungkinkan proses pengajuan kredit mudah dan aman. Kredit mobil disesuaikan dengan pendapatan Anda setiap bulan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk proses persetujuan kredit.

5. Hindari Mendapatkan DP Mobil dari Pinjaman

Strategi selanjutnya sebelum kredit mobil adalah jauhi uang muka dari pinjaman, baik dari bank maupun kerabat. Mungkin kendalanya belum terasa di awalnya, namun pada akhirnya Anda tetap terbebani dua cicilan sekaligus.

Hal ini berpotensi besar menganggu cashflow keuangan jadi berantakan. Lebih baik mengumpulkan dana terlebih dahulu agar DP yang diajukan semakin besar. Dengan demikian, cicilan dan bunganya pun akan semakin ringan.

6. Memilih Cicilan Mobil dengan Suku Bunga Terbaik

Perlu diketahui bahwa umumnya terdapat dua tipe suku bunga yang diberlakukan pada kredit kendarana. Suku bunga tersebut ialah fixed rate dan floating rate. Keduanya memiliki perbedaan mendasar yang wajib diketahui sebelum kredit mobil.

Dengan menerapkan beberapa strategi kredit mobil di atas, hal ini akan lebih menghindari Anda dari risiko kerugian. Penting untuk mempertimbangkannya secara matang agar tidak menganggu kebutuhan lainnya untuk diri sendiri dan keluarga.

By admin