Hypernet

Perkembangan zaman membuat setiap pengusaha harus beradaptasi sebagai cara agar bisnis bisa bertahan. Contoh kecil yang sering terlewat adalah memakai provider internet yang bagus seperti Hypernet agar bisa menjangkau konsumen secara online tanpa harus khawatir sambungan internet putus tiba-tiba.

Cara Agar Bisnis Bisa Bertahan Lama

Simak berikut selengkapnya mengenai cara agar bisnis milikmu bisa bertahan termasuk di masa pandemi seperti ini, berikut caranya:

1. Jangkau Konsumen Secara Online

Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini membuka lapak bisnis secara online sangat penting sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman yang serba digital. Terutama jika bentuk bisnis mu adalah business to consumer (B2C). Buatlah situs web dan akun di berbagai media sosial untuk menjangkau calon konsumen lebih luas.

Pada tahun 2021, pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 200 juta jiwa, lho. Bisa kamu bayangkan banyaknya orang yang bisa kamu jangkau dengan mengaktifkan bisnismu secara online. Tidak hanya mendapatkan konsumen baru, melalui media sosial kamu juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan lama. Penting banget kan cara agar bisnis bisa bertahan yang satu ini?

Ketika sudah memutuskan untuk membuka lapak bisnis mu secara online, pastikan kamu memilih provider internet yang bagus. Tidak hanya koneksi cepat, provider internet yang baik juga akan menjamin keamanan data. Ketika ada masalah pun, mereka akan dengan cepat dan tanggap untuk menyelesaikan.

2. Investasi untuk Kesetiaan Konsumen

Menjaga kesetiaan konsumen adalah salah satu cara agar bisnis bisa bertahan lama dan terus berkembang. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa peningkatan 5% jumlah konsumen setia akan berdampak pada keuntungan bisnis sebesar 25-30%. Sebab, biaya untuk mendapatkan konsumen baru memang jauh lebih besar dibandingkan dengan membuat konsumen lama untuk kembali.

Untuk menjaga kesetiaan konsumen, kamu harus bisa melayani setiap konsumen dengan baik. Seperti misalnya membuat layanan keluhan pelanggan dan memberi diskon khusus untuk konsumen yang sering membeli. Konsumen yang setia ini juga cenderung untuk merekomendasikan brand kepercayaannya pada orang lain.

3. Inovasi Produk atau Jasa Baru

Cara agar bisnis bisa bertahan selanjutnya adalah membuat inovasi produk atau jasa sesuai dengan bidang bisnis mu. Kamu bisa melakukan survei pasar untuk mendapatkan inspirasi. Jika bisnismu masih kecil, kamu bisa melakukan survey melalui media sosial. Selain itu, perhatikan juga produk atau jasa kompetitor yang bisa kamu tiru dan modifikasi.

Demikian beberapa cara agar bisnis bisa bertahan lama menghadapi perkembangan zaman. Apa pun bidang bisnisnya, kamu tetap bisa menerapkan cara-cara di atas. Memiliki tim yang mumpuni bisa menjadi pendukung luar biasa agar bisnismu bisa terus bertahan bahkan berkembang.

By admin