M.Reza Abdullah

Masih ingat megahnya pesta pembukaan dan penutupan Pesta Olahraga Nasional (PON) di Papua tahun 2021? Sekedar informasi, pesta olahraga skala nasional ini merupakan yang pertama kali diadakan di Bumi Cendrawasih. Provinsi di pulau paling timur Indonesia ini ternyata dapat menggelar acara super megah tersebut meskipun baru pertama kalinya.

Di balik kemegahannya, ada salah satu nama yang wajib dikenal akan tangan dinginnya dalam pagelaran tersebut, yakni Muhammad Reza Abdullah. Presiden Direktur PT Royalindo Expoduta ini sudah sangat terkenal prestasinya dalam bidang event organizer dan mensukseskan event level nasional maupun internasional. Begitupun dalam pagelaran PON di Bumi Cendrawasih 2021 kemarin, Reza dengan Royalindonya juga sangat berperan dalam sukses dan gemerlapnya acara tersebut.

Sukses Besar di Tengah Beragam Kendala

Hal yang spesial dari event PON 2021 kemarin adalah konteks lokasinya yang berada ujung timur Indonesia, Papua. Kendala jarak, waktu, akses, hingga biaya membuat keberhasilan event olahraga nasional ini sungguh layak dikenang. Terlebih acara megah tersebut dapat dijadikan momen bangkitnya Indonesia di saat setahun sebelumnya dihantam pandemi Covid-19.

Kesukseskan tersebut sungguh diamini oleh M.Reza Abdullah. Menurut pria kelahiran 7 Juni 1982 ini, keberhasilan yang paling membuatnya bahagia dan sangat membanggakan selama memimpin sebuah event adalah momen pesta pembukaan dan penutupan PON Papua 2021.

PON Papua 2021

Sebetulnya ambil bagian dalam penyelenggaraan event olahraga bukanlah hal baru bagi Reza dan Royalindo-nya. Sebelumnya pada tahun 2018, Royalindo juga turut menyukseskan perhelatan event Asian Para games yang berlangsung di Jakarta. Namun karena keterjangkauan lokasi yang terbilang cukup jauh ini, membuat keberhasilan ini sungguh mengharukan.

“Segala macamnya di sana (Papua) masih cukup sulit, dari mulai biaya, ketersediaan barang, man power, dan segalanya memang masih terbatas. Biaya yang harus dikeluarkan di Papua bisa sampai 3x lipatnya jika dibandingkan event serupa di Jakarta. Jadi soal budget dan biaya bisa sampai sekitar 130% lebih mahal,” ujar pria yang aktif membagikan unggahan di akun Instagram @muhrezaabdullah.

Meskipun di tengah rintangan tersebut, tapi Reza benar-benar totalitas mengeluarkan segenap daya upaya demi keberhasilannya. Royalindo sendiri sampai mengirimkan semua kebutuhan dan beragam peralatan acara hingga 300 kontainer dari Jakarta ke Papua. Selain itu, Reza juga membawa kurang lebih 400 an orang kru dari Pulau Jawa dan 40 an orang dari luar negeri.

Totalitas yang akhirnya terbayar lunas dengan sukses dan megahnya acara pesta pembukaan dan penutupan PON Papua 2021. Bukan hanya sekedar sukses, PON Papua 2021 pun menjadi salah satu penyelenggaraan pesta olahraga paling megah yang pernah terlaksana.

Tetap Melakukan Transfer of Knowledge

Salah satu prinsip yang dipegang Reza dan PT Royalindo-nya adalah upaya membagikan pengetahuan serta ilmu pada masyarakat sekitar atau Transfer of Knowledge. Ya, mereka tak ketinggalan untuk melibatkan langsung orang-orang lokal di Papua untuk turut menyukseskan event tersebut.

Biarpun belum dalam tataran koordinator, tapi transfer of technology dan transfer of knowledge sudah diterapkan kepada para kru dari kalangan lokal Papua. Cara ini dilakukannya agar jika nantinya harus menghelat event lainnya di Papua, mereka sudah bisa bekerjasama dengan sumber daya manusia setempat tanpa harus membawa kru dari luar daerah terlalu banyak.

By admin